Pages

Selamat Datang di Kumpulan Tutorial dan Download Gratis Dokter Komputer,
Mohon berikan Kritik dan saran yang membangun di Komentar Blogger, Terima Kasih




Cara Cepat Mencari Ribuan Tulisan, Software, Game, Video dan Gambar Yang Anda Butuhkan Dengan Langsung Ketik kata kunci yg Anda Cari Pada Kotak Search Dibawah ini :


Loading

Sabtu, 25 Agustus 2012

Apa Maksudnya dan Apa Fungsinya File Image/ISO ?

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Apakah anda masih bingung dengan istilah file image atau file ISO?
Padahal di internet, banyak situs dan blog penyedia download gratis sudah melimpah yang menyediakannya. Misalnya judul kontennya: Download Gratis Windows 7 Full Serial Number (file ISO).

File Image atau file ISO adalah sebuah file hasil konversi dari file CD/DVD installer yang autorun. Autorun maksudnya adalah begitu sebuah CD/DVD dimasukan ke dalam DVD ROM, maka dia akan langsung terbuka tanpa harus membukanya lewat windows explorer. Akan langsung tampil halaman home atau interface dari sebuah software, dimana pada halaman tersebut sudah terdapat tombol-tombol yang tinggal anda klik untuk melakukan installasi.

Apalagi jika anda ingin menginstall Sistem Operasi, misalnya Windows, Linux, Solaris dan sebagainya, maka sebuah DVD installer Sistem Operasi yang tidak autorun tidak akan bisa dijalankan. Karena proses instalasinya melalui BIOS. Sedangkan yang bisa jalan pada BIOS, hanya melalui fitur autorun.

Jika anda ingin membuktikan hal ini sangat gampang.
Cobalah copy paste sebuah DVD Windows ke hardisk komputer anda. Kemudian burning atau bakarlah file-file Windows itu kembali ke DVD. Selanjutnya cobalah anda gunakan untuk menginstall ulang Windows pada komputer anda. Begitu anda masuk pada BIOS, dan menekan F10, dan komputer anda booting, apa yang akan terjadi?

Abrakadabra saya jamin DVD itu tidak akan terbaca oleh BIOS alias proses instalasi tidak akan terjadi. Kenapa tidak terjadi? Karena ada file yang hilang saat anda mencopy paste DVD Windows master semula ke hardisk kopmuter. Yaitu file Autorun dan sistem navigasi antar file-file pendukung instalasi.

Itulah fungsi file ISO.



Lalu bagaimana cara mengatasinya? Bagaimana caranya membackup DVD Windows pada komputer atau hardisk eksternal? Untuk berjaga-jaga agar ketika DVD Windows itu suatu saat rusak, berjamur, tergores, maka anda tetap punya cadangan? Nah disinilah peran file Image ISO. Yaitu untuk membackup DVD Windows atau operating sistem lainnya ke hardisk. Untuk berjaga-jaga seandainya DVD masternya rusak, sehingga anda bisa membuatnya kembali berdasarkan file ISO yang tersimpan pada komputer atau laptop anda. Tanpa satu file pun tertinggal dan rusak. Itulah yang disebut dengan convert, yaitu merubah ekstensi file. Dari banyaknya file yang terdapat pada DVD installer Windows, maka diconvert menjadi satu file utuh yang bernama file image ISO. Dan jika file ISO itu ingin dipindahkan lagi ke DVD, maka dia tetap akan berfungsi seperti DVD masternya. Itulah bedanya dengan ketika anda hanya mencopy paste cara biasa.

Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana cara membuat file ISO tersebut? Selengkapnya bisa anda ikuti rahasianya DISINI.

Dan sebaliknya bagaimana pula cara mengembalikan file ISO tersebut untuk kembali menjadi DVD Windows yang siap digunakan untuk instalasi via BIOS? Ya tentu dengan menggunakan software burning CD/DVD yang terdapat fitur burning image atau ISO. Dan ada banyak software yang bisa melakukannya. Dan yang sering saya gunakan adalah Power ISO. Karena selain ringan, cara menggunakannya juga sangat praktis. Apakah anda ingin mendapatkannya?

Jika YA silahkan anda download secara gratis DISINI.


Terima Kasih,


Mohon beritahu saya jika anda menemukan ada link yang error pada blog ini Terima kasih
Sebelum mengetahui cara berlangganan tulisan pada sebuah blog atau situs, sebaiknya anda pahami dulu apa untungnya bagi anda DISINI.

Masukan email anda jika ingin berlangganan setiap tulisan terbaru blog ini.
Gratis dan langsung antar alamat


Jumlah Pelanggan tetap Dokter Komputer

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar