Pages

Selamat Datang di Kumpulan Tutorial dan Download Gratis Dokter Komputer,
Mohon berikan Kritik dan saran yang membangun di Komentar Blogger, Terima Kasih




Cara Cepat Mencari Ribuan Tulisan, Software, Game, Video dan Gambar Yang Anda Butuhkan Dengan Langsung Ketik kata kunci yg Anda Cari Pada Kotak Search Dibawah ini :


Loading

Jumat, 24 Agustus 2012

Penyebab Lambatnya Proses Download Torrent & Cara Mengatasinya

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Download Gratis uTorrent Terbaru 3.1.3 build 27443 Stable

DOWNLOAD
Size: exe 998.39 KB


Jika anda masih baru dalam menggunakan situs Torrent atau mendownload file-file Torrent, mungkin anda masih bingung kenapa proses downloadnya berjalan lambat. Padahal file-file Torrent adalah sorganya para penggila download.

(Bagi anda yang belum tahu apa itu torrent, sebaiknya baca dulu DISINI)

Jadi apa sebenarnya penyebab lambatnya proses download?
Berikut beberapa diantaranya sejauh yang saya ketahui dan saya alami:

Pertama: Bandwidth anda tidak mencukupi

Ini adalah penyebab paling mendasar. Jika bandwidth koneksi jaringan internet anda lambat, tidak hanya saat download torrent, dimana pun dan dengan cara apapun anda mendownload prosesnya akan berjalan lemot. Untuk mengetahui berapa besar kapasitas bandwidth jaringan internet anda, silahkan cek DISINI.

Akan tetapi kondisi itu masih bisa dibantu sampai batas minimal sesuai kapasitas bandwidth yang anda miliki. Caranya bisa anda pelajari DISINI.

Kedua: perbandingan Seeders dan Leecers tidak mendukung

Rumus umum kecepatan download torrent adalah, semakin banyak jumlah Seeders, maka akan semakin besar peluang untuk mempercepat proses download. Karena setiap seeders juga akan mengupload setiap file yang selesai mereka download. Akan tetapi jika para Leachers-nya juga banyak, apalagi melebihi jumlah Seeders, maka kebalikannya yang akan terjadi: proses download akan menjadi lambat. Karena lebar akses anda pada situs torrent akan menjadi terbagi sebanyak jumlah leachers.

Karena itu sebelum mulai mendownload sebuah file torrent, pastikan jumlah seedersnya lebih banyak dari jumlah Leachers. Misalnya dengan perbandingan > Seeders 40 : Leachers 12. Artinya cermati bahwa perbandingan jumlah Seeder tetap lebih tinggi dari jumlah Seeders.


Ketiga: Setting Firewal tidak mendukung

Jika firewall komputer atau laptop anda aktif saat mendownload file torrent, maka itu akan memperlambat proses download. Karena komputer anda tidak bisa terhubung dengan lebih banyak jumlah Seeders, atau yang membagikan file torrent mereka. Akibatnya, istilahnya hanya seikit pintu (port) yang terbuka untuk anda, yang jelas-jelas jumlah pintu itu sangat menentukan untuk kecepatan proses download.

Cara mengatasinya adalah nonaktifkanlah sisten firewall anda selama proses download file torrent belangsung. Memang ini cukup beresiko dari sisi security. Akan tetapi anda tentu sudah memperkirakan disitus torrent mana anda mendownload. Pastikan anda sudah tahu situs-situs torrent yang sudah terpecaya.


Keempat: Anda terlalu pelit berbagi (mengupload) kembali

Prinsip dasar dari komunitas torrent adalah saling berbagi. Setiap file yang berhasil anda download dibagikan kembali dengan para pengguna torrent lainnya di dunia maya, walaupun anda tidak tahu siapa mereka dan dibelahan bumi mana mereka berada. Tapi yang jelas, semakin banyak anda membagikan (mengupload) kembali setiap file torrent yang anda download, maka untuk selanjutnya juga akan semakin cepat proses download yang anda lakukan. Karena kredibilits anda sebagai pengguna torrent akan bagus dimata komunitas torrent. Tapi jika anda terlalu pelit untuk membagikan (mengupload) kembali file yang telah berhasil anda downdload, maka para pengguna torrent juga akan pelit untuk berbagi dengan anda. Akibatnya celah atau port yang terbuka saat anda mendownload juga akan semakin sedikit.

Cara melakukannya adalah biarkan saja aplikasi downloader Torrent anda tetap aktif setiap anda selesai mendowload atau setiap komputer anda terhubung ke internet. Karena secara default setiap downloader torrent biasanya secara otomatis akan langsung melakukan proses upload saat anda sedang dan setelah selesai melakukan download.

Disisi lain tentu saja hal ini sedikit mempengaruhi kecepatan loading anda saat online. Karena sepersekian dari bandwidth jairngan internet anda sudah dibagikan untuk aktivitas torrent anda dengan sesama pengguna torrent lain di dunia maya. Yang jelas aturlah frekwensi anda berbagi. Prinsipnya jangan terlalu pelit dan jangan pula terlalu lepas, sehingga reputasi anda tidak buruk dalam komunitas torrent.

Artikel Yang Berhubungan



0 komentar:

Poskan Komentar